BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA YANG TELAH MENINGGAL

_*HIKMAH PAGI*_

BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA YANG TELAH MENINGGAL

Bagian Satu ( _Mendo'akan Keduanya_ )

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا.

_“Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.”_ (HR. Abu Daud : 4476)

Subhanallah.. Alhamdulillah...
Kita belajar mencontoh orang-orang sholeh yakni dengan cara duduk-duduk bersama Nabi atau pewaristnya, yaitu para Ulama. Karena dengan duduk bersama orang berilmu pastinya akan ada hal positif yang bisa kita ambil pelajaran. Sebagaimana hadits diatas mendapatkan ilmu tentang berbuat baik kepada kedua orang tua yang sudah meninggal dunia.

Kita belajar mencontoh shahabat yang bertanya tentang urusan akhirat, yakni amalan yang baik untuk dirinya kepada kedua orang tua setelah keduanya meninggal.

Nabi memberi nasehat bahwa kita masih bisa berbuat baik kepada kedua orang tua atau _birrul walidain_ walaupun kedua orang tua atau salah satunya sudah meninggal dunia.

Bentuk berbakti kepada kedua orang tua yang pertama adalah mendo'akan keduanya.

Kita terus berusaha menjadi anak-anak yang tetap bisa berbakti kepada orang tua walaupun sudah meninggal dengan cara selalu mendo'akan kebaikan kepada kedua orang tua setiap selesai shalat, atau di waktu yang lain.

Kita didik anak-anak kita dengan sebaik-baiknya dengan cara memperkuat pemahaman agamanya, agar kelak dijadikan Allah sebagai anak-anak yang sholeh yang mau mendo'akan kebaikan kepada orang tuanya.

Dalam hadits lain disampaikan bahwa do'a anak kepada orang tuanya merupakan salah satu amalan yang tidak terputus setelah meninggal.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

_Sungguh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Apabila salah seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara ; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfa'at baginya dan anak sholeh yang selalu mendo'akannya."_ (HR. Muslim : 3084)

Kita berdo'a kepada Allah hanya dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT.

Yaa Allah.. Ampuni kami..
Terimalah amal baik kami..
Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin

_Semoga bermanfaat_